.

Pemasangan RFID Tata Cara & Peraturan Lengkap

Bagaimana tata cara pemasangan RFID dan peraturan pembelian BBM bersubsidi dengan system ini. Bisakah dipasang sendiri - kapan batas pendaftaran - dimana lokasi SPBU tempat register ? simak di bawah

pemasangan RFID

Pertama sebaiknya kita tahu apa itu RFID, ini adalah singkatan dari radio frequency identification , mudahnya adalah alat yang bisa mengidentifikasi jarak jauh dengan gelombang radio, tanpa perlu kabel atau bluetooth untuk koneksinya, dan RFID yang digunakan pertamina juga tidak perlu baterai sebagi sumber listrik jadi pemasangan menjadi lebih mudah dan aman.

Bila mobil kia dipasangi alat RFID ini maka system akan sanggup mencatat berapa liter BBM yang sudah kita beli. dan ketika mencapat batas maksimal maka selang bensin premium tidak akan mengeluarkan lagi bensin. Tentu saja masih bisa beli pertamax yang tidak disubsidi.

Jatah harian untuk mobil adalah 3 liter dan motor 0,7 liter atau kalau perbulan berarti 90 liter dan 21 liter. Pemasangan sebenarnya sudah di mulai dari beberapa bulan lalu tetapi baru ramai minggu-minggu ini.

Pemasangan RFID

  • Datang ke tempat pemasangan lihat daftarnya disini
  • Serahkan STNK asli, nanti STNK akan di foto dan datanya akan di input ke pusat data pertamina
  • Nanti akan mendapat kartu dan gelang antena RFID (sering disebut label/tag RFID) gelang ini akan dipasang di pipa saluran bensin di mobil.

Tentu saja kita bisa memasang sendiri, tetapi dipasang di SPBU pun cukup cepat hanya yang lama adalah antri untuk proses registrasi STNK nya itu.

RFID Pertamina
pemasangan RFID

Tanya Jawab seputar RFID

Apakah pemasangan RFID ini gratis? iya pemasangan gratis

Kapan batas pemasangan RFID? tidak ada batas waktu dan tetap akan gratis, hanya jika aturan ini sudah berlaku dan mobil atau motor kita belum terpasang alat RFID ini maka tidak bisa beli premium (bensin tidak akan keluar dari nozzle selang SPBU)


Apakah alat ini bisa dipindahkan ke mobil lain? tentu saja bisa tetapi kan nomor polisinya beda nanti ketahuan alat milik kendaraan lain.

Apa peraturan atau payung hukum regulasi ini ? peraturan mentri ESDM Nomor 1 Tahun 2013 dan peraturan BPH Migas No.6/2013

Siapa pelaksana program RFID ini? PT. INTI

Apa tujuan pemasangan RFID ? agar kuota jumlah BBM bersubsidi terkontrol sehingga keuangan negara (APBN) tidak selalu tekor utuk menambal jumlah subsidi BBM yang tiap tahun bengkak dan terus bertambah. 

RFID SPBU

RFID SPBU


Sementara ini dilaksanakan di Jakarta dan nantinya akan diberlakukan di seluruh Indonesia, Sebagai informasi di negara lain pembatasan BBM dengan system RFID ini sudah dilakukan puluhan tahun lalu
Lihat juga chevrolet makassar



tunggu update peraturan regulasi tata cara pemasangan RFID di Jakarta dan kota lainnya


Terima kasih untuk Like/comment FB :